MUSIC VIDEO K-POP SEBAGAI BUDAYA POPULER


MUSIC VIDEO K-POP SEBAGAI BUDAYA POPULER

Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Budaya Populer
Dosen Pengampu: Nindi Aristi, S.Sos

Oleh:
Antsa Zakiyatun Nufus
NPM: 210110130028

Kelas: Ilmu Komunikasi-A


Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Padjadjaran
2016



Budaya populer menurut Storey (2003: 10) adalah budaya yang menyenangkan dan disukai banyak orang. Definisi budaya populer ini harus mencakup dimensi kuantitatif, apakah suatu budaya itu dikonsumsi oleh banyak orang. Populernya budaya populer menjadi sebuah prasyarat. Berdasarkan salah satu definisi budaya populer di atas, ada banyak jenis budaya populer yang dapat diambil salah satu yang menjadi perhatian adalah music video atau di Indonesia dikenal dengan video klip. Musik adalah budaya hiburan melalui media digital sebagai salah satu kategori dalam budaya massa di mana budaya massa adalah satu dari tiga kategori budaya populer yang disebutkan Yoshiro Sugimoto (2004).
Music video atau video musik adalah sebuah film pendek atau video yang mendampingi alunan musik, umumnya sebuah lagu. Video musik modern berfungsi sebagai alat pemasaran untuk mempromosikan sebuah album rekaman. Istilah video musik mulai populer pada tahun 1980-an dengan adanya MTV. Sebelumnya, video musik disebut klip promosi atau film promosi. Music video yang dijadikan alat untuk mempromosikan sebuah lagu menjadi semakin populer ditambah dengan adanya situs youtube.com yang semakin banyak digunakan sebagai tempat mengakses video-video. Dengan begitu, youtube.com sering dijadikan sebagai tempat untuk mempromosikan music video dibuktikan dengan rangking yang dibuat youtube.com terhadap video musik terpopuler setiap tahun berdasarkan jumlah penontonnya.
Di antara video musik yang populer, penggemar K-Pop kepanjangan Korean Pop (musik populer Korea) seringkali dibuat menunggu perilisan lagu atau album idolanya yang biasanya selalu dimulai dengan dirilisnya video musik melalui situs youtube.com. Video musik yang dikeluarkan industri hiburan di Korea Selatan pada tahun 2015 tercatat sebanyak 663 video berdasarkan situs youtube.com dalam daftar putar “NEW KPOP (MV) 2015 PLAYLIST”[1] Belum ditambah dengan video musik yang tidak tercatat di playlist tersebut.
Dikutip dari situs berita Kompas.com (19/11/2015)[2] bahwa berdasarkan Riset Google bersama TNS Australia mendapati, 50 persen pemilik smartphone di Indonesia menjadikan peranti itu sebagai peralatan telekomunikasi utama, termasuk untuk mengakses internet. Sehubungan dengan video musik sebagai salah satu jenis budaya populer yang dipilih, fakta lain dari survei itu, situs yang paling laris dibuka di Indonesia adalah aplikasi belanja online, hiburan, dan travel. Video musik termasuk ke dalam kategori hiburan yang paling laris dibuka oleh pengguna smartphone di Indonesia.
Google merilis daftar Boyband K-Pop yang paling banyak dicari di tahun 2015, tepatnya dari tanggal 1 Januari hingga 10 Desember 2015. Peringkat 5 besar didominasi oleh nama-nama yang sudah tidak asing lagi bagi penggemar K-Pop, yaitu EXO, BTS, Bigbang, GOT7 dan Super Junior.[3] Dari data tersebut, bagaimana dengan video musik 5 boyband di atas? Tahun 2015 ini, kelima boyband tersebut telah merilis video musik untuk album terbaru mereka dan berdasarkan situs K-Pop Chart[4], video musik boyband EXO dan Bigbang masuk ke dalam 5 besar dengan urutan EXO berada di posisi pertama sedangkan 3 video musik Bigbang di posisi 2, 3 dan 4 sekaligus. Adanya hubungan antara ketenaran boyband pada situs google.com dan youtube.com, akhirnya saya mencoba melihat hubungan ketenaran tersebut pada 3 boyband lainnya pada situs google.com dengan video musik terbanyak ditonton yang dirilis tahun 2015. Berikut ulasannya:
1.        Video Musik EXO-Call Me Baby[5]
EXO adalah boyband korea yang dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2012. Sebelumnya grup ini terdiri dari dua belas anggota yang terbagi menjadi dua sub-grup, EXO-K dan EXO-M, yang akan melakukan promosi secara bersamaan masing-masing di China dan Korea dengan meliris lagu dengan 2 bahasa yang berbeda yaitu mandarin dan korea. Namun 3 anggotanya telah memutuskan kontrak karena beberapa alasan sehingga hanya tersisa 9 anggota hingga saat ini yaitu Suho, Kai, D.O, Baekhyun, Sehun, Chanyeol, Xiumin, Lay, dan Chen. Pada video musik berjudul Call Me Baby masih ada 10 orang anggota.
Video musik EXO dari lagu berjudul Call Me Baby yang dirilis pada tanggal 30 Maret 2015 oleh akun official agensi EXO yaitu SM Entertainment dengan nama akun SMTOWN[6] hingga saat ini telah ditonton sebanyak 77.318.625 kali, yang sebelumnya ditonton sebanyak 41.968.709 kali saat hasil survei situs youtube.com terhadap video musik K-Pop terbanyak ditonton, dirilis. Video musik dengan judul “EXO_CALL ME BABY_Music Video” pada situs youtube.com tersebut lebih berfokus pada koreografi 10 anggota EXO. Video musik ini sebenarnya memilik dua versi yaitu versi Korea (dengan bahasa Korea) dan versi China (dengan bahasa China) namun video musik yang paling populer adalah versi Korea ini sedangkan versi China hanya ditonton sebanyak 15.703.675 kali hingga saat ini.
Lagu ini masuk ke dalam album Exodus. Seperti yang diungkapkan EXO mengenai detail tentang lagu-lagunya yang terdapat pada album terbarunya tersebut, lagu Call Me Baby menjadi title track mereka yang terdiri dari hook yang adiktif dan melodi dengan lirik penuh gairah. Lagu dengan irama up-beat dengan irama dance yang mengajak bergoyang. Lagu ini terpengaruh genre pop dan R&B yang cukup kental. Cerita lagu ini adalah tentang seorang pria yang menginginkan seorang gadis pujaannya.[7] Itu yang jadi alasan video musik ini lebih memperlihatkan koreografi dance para anggota.
2.        Video Musik Bigbang-Bang Bang Bang[8]
Big Bang adalah boyband asal Korea Selatan yang dibentuk oleh CEO Yang Hyun Seok dari YG Entertainment pada tahun 2006. Bigbang terdiri dari 5 orang dengan pemimpin G-Dragon, dan anggota T.O.P, Taeyang, Daesung dan Seungri. Lagu Bang Bang Bang merupakan salah satu single dalam album M.A.D.E yang dirilis sejak 1 Mei 2015. Video musik berjudul Bang Bang Bang ini diterbitkan pada tanggal 1 Juni 2015 dengan judul “BIGBANG - 뱅뱅뱅 (BANG BANG BANG) M/V”. Video musik ini merupakan yang paling banyak ditonton di situs youtube.com dengan total sebanyak 118.150.410 kali hingga saat ini, dibanding dengan 7 video musik lainnya pada album yang sama. Aliran musik ini merupakan campur aduk antara hiphop, dance, dan pop. Lirik lagu ini seolah mengungkapkan untuk menjadi gila sejenak seperti ditembak atau dengan kata lain mengajak untuk bersenang-senang. Tidak ada makna yang begitu mendalam pada lirik lagu tersebut, namun alunan musik dan tarian yang ditampilkan pada video musik lagu ini bagaimanapun membuat video musik lagu ini ditonton begitu banyak orang hingga mencapai angka 100 juta penonton. Video musik ini juga hanya menampilkan koreografi dance para anggota Bigbang dibantu dengan dancer lainnya.
Pada awal video, penyanyi pertama berambut pink memakai jaket hitam tanpa baju dalam alias topless sedangkan dancer pendukung di belakangnya sama sekali tidak mengenakan baju dan hanya mengenakan celana jeans, dan mereka sama-sama memiliki badan yang sixpack, mereka dan penyanyi pertama menari bersama. Penyanyi kedua muncul dengan memakai topi koboi, jaket hitam, kaus putih, dan celana jeans, dia melakukan rap pada seorang dengan kostum astronot. Penyanyi ketiga muncul dengan rambut blonde sambil menari bersama para dancer pendukung dengan memainkan pasir, sedangkan penyanyi keempat dengan rambut merah dan wajah glitter dengan mantel bulu panjang, duduk santai di atas mobil lalu kelima penyanyi berkumpul di satu tempat dan menyanyi sambil menari bersama. Penyanyi kelima pada scene selanjutnya dengan rambut yang menutupi seluruh matanya dan baju hitam tipis, dia bernyanyi sambil menari dengan penari pendukung perempuan berpakaian ketat yang mengelilinginya.
3.        Video Musik BTS-Dope[9]
BTS merupakan kepanjangan dari Bangtan Boys atau Bulletproof Boy Scouts. Boy grup beraliran hip-hop yang debut pada tanggal 12 Juni 2013 yang terdiri dari 7 anggota, yaitu RAP MONSTER, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook. BTS sendiri berasal dari agensi Big Hit Entertainment yang pernah bekerjasama dengan JYP Entertainment dan juga rumah bagi grup 2AM dan GLAM. Video musik ini diterbitkan pada tanggal 23 Juni 2015 dengan judul “[MV] BTS(방탄소년단) _ DOPE(쩔어)” dan telah ditonton sebanyak 48.677.835 kali hingga saat ini mengalahkan video musik terbaru mereka yang dirilis pada 29 November 2015 berjudul Run serta video musik mereka sebelumnya. Lagu Dope adalah salah satu lagu yang terdapat dalam mini album 'In The Mood For Love Pt. 1' yang dirilis sebelumnya pada 28 April 2015. Lagu ini memiliki musik hip hop dengan instrumen yang unik yang ditulis oleh Slow Rabbit bersama 2 anggota BTS yaitu Suga dan J-Hope. Selain mereka, Rap Monster sebagai leader juga ikut mengaransemen lagu tersebut.. Pada video musik ini dapat dilihat juga koreografi dance yang unik dan atraktif ditambah dengan berbagai kostum profesi yang dikenakan masing-masing anggota yakni, polisi, SWAT, dokter, pekerja kantoran, pembalap dan tokoh Detective Conan. Lagu ini menyampaikan bahwa mereka bekerja sangat keras di musik dan berlatih di saat orang yang sebaya dengan mereka hanya bermain/play around. Judul “Dope” itu sendiri tidak ada hubungannya dengan kata “쩔어/Cheoro” yang menjadi judul lain dari Dope. Dope adalah kata slang di Amerika yang identik dengan hip hop yang diasosiasikan dengan keren/stunning dan sejenisnya. Sedangkan “쩔어” itu sendiri adalah bahasa Korea yang artinya “struggle/sick” yang berarti orang yang sudah berusaha sangat keras pada sesuatu hingga menyebabkan dia lelah dengan aktivitas itu atau perjuangan yang dilakukan secara susah payah.
4.        Video Musik Got7-If You Do[10]
GOT7 adalah boy band K-pop dengan anggota multi-nasional yang dibentuk oleh JYP Entertainment pada tahun 2014. Grup ini terdiri dari tujuh anggota, yaitu leader JB, Mark, Junior, Jackson, Youngjae, BamBam dan Yugyeom. Got7 merupakan grup multinasional dengan anggota yang berasal dari Korea Selatan, Hong Kong, Thailand dan Amerika Serikat. Got7 merilis album mini debutnya, Got It? pada 20 Januari 2014. Pada 22 Oktober 2014, mereka debut di Jepang dengan merilis singel Jepang pertama mereka "Around the World". Got7 merilis album mini keempat mereka Mad dan video musik untuk single "If You Do" ini pada 29 September 2-15. Sehari setelah dirilis, album ini menduduki puncak tangga lagu iTunes di enam negara.[11]
Video musik dengan judul “GOT7(갓세븐) "If You Do(니가 하면)" M/V” dan telah ditonton sebanyak 31.698.634 kali. Lagu If You Do ini merupakan single dari album Mad Sesuai lirik lagunya, video musik ini menceritakan tentang 7 lelaki yang sedang marah karena pacarnya yang egois. Ketujuh lelaki di video musik tersebut melampiaskan amarahnya dengan cara yang berbeda, ada yang melemparkan lukisan, memukul sansak tinju, memukul dan menendang pintu, mencoret tembok dengan kata kasar, dan menghancurkan mobil. Ketujuh anggota memakai setelan jas rapi semi formal pada awal video lalu berubah-ubah memakai kaus dengan berbagai gaya. Video musik ini memiliki porsi penampilan akting marah ketujuh anggota yang seimbang dengan penampilan koreografi dance mereka. Suasana tempat di video tersebut dibuat lebih gelap dan suram seolah untuk menegaskan suasana marah pada ketujuh anggota.
5.        Video Musik Super Junior-Devil[12]
Super Junior atau lebih dikenal dengan SJ atau SuJu (Super Junior) (Korea: 슈주), merupakan sebuah boyband yang berasal dari Seoul, Korea Selatan. Anggotanya berjumlah 13 orang yaitu Leeteuk, Heechul, Hangeng, Yesung, Kang-In, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum, dan Kyuhyun. Super Junior merupakan salah satu boyband terbesar di dunia. Album perdananya ialah SuperJunior05 (TWINS), dirilis pada tahun 2005. Pada tahun 2010, hanya ada 10 anggota yang aktif. Super Junior merilis album spesial dalam rangka perayaan 10 tahun mereka berkarir di industri musik K-Pop. Album ini memiliki 10 lagu dengan 1 lagu yang sekaligus menjadi judul album ini yaitu Devil. Video musik untuk lagu Devil ini diterbitkan pada tanggal 15 Juli 2015 di situs youtube.com dengan judul “Super Junior 슈퍼주니어_Devil_Music Video” yang telah ditonton sebanyak 13.449.668 hingga saat ini. Meskipun jumlah penonton ini termasuk angka yang paling kecil dari 4 video musik boyband lain sebelumnya, namun angka ini masih termasuk angka yang tinggi dibanding video musik idol K-Pop baru lainnya mengingat Super Junior sudah cukup lama berkiprah di dunia musik K-Pop dan usia yang tidak lagi muda. Video musik ini agak berbeda dengan video musik mereka sebelumnya karena lebih dewasa dengan menampilkan perempuan seksi dan beberapa adegan yang agak menegangkan antara perempuan tersebut dan para anggota Super Junior. Namun, cerita yang ditampilkan di video musik ini tidak terlalu jelas karena terlalu banyak memuat cerita antara perempuan tersebut dengan kesembilan anggota Super Junior dalam durasi yang sangat singkat sehingga cerita yang ditampilkan menjadi kurang jelas. Tarian yang ditampilkan juga tidak terlalu banyak sehingga lebih banyak menampilkan cerita pada video ini.
Dari kelima video musik yang dianggap populer tersebut, terdapat beberapa persamaan karakteristik yang dapat memberikan gambaran mengapa video musik tersebut populer. Berikut uraiannya:
1.        Persamaan karakteristik pertama terdapat pada genre musik yang diusung kelima Boyband tersebut. Kelima video musik yang dianggap populer ini sama-sama memiliki musik dance dan irama yang up-beat. Dua musik dari Bigbang dan BTS sama-sama memiliki irama hip-hop yang unik dicampur aduk dengan musik pop dan R&B.
2.        Persamaan karakteristik kedua terdapat pada lirik lagu yang menceritakan hubungan antara wanita dan pria. Meskipun dua Boyband yakni, Bigbang dan BTS tidak menceritakan tentang hubungan antara wanita dan pria namun lirik lagu Bang Bang Bang dari Bigbang lebih menceritakan tentang ajakan untuk bersenang-senang bersama, sedangkan lirik lagu Dope dari BTS menceritakan tentang kerja keras.
3.        Persamaan karakteristik ketiga terdapat pada hairstyle kelima Boyband tersebut. Beberapa anggota setiap Boyband memiliki hairstyle dengan warna blonde, cokelat, dan merah. Hairstyle ini tidak banyak digunakan pada kehidupan sehari-hari namun tetap menjadi tren bagi para penggemar masing-masing idola. Sebagai penegasan bahwa hairstyle para idol ini menjadi tren, sebuah majalah fashion asal Inggris, Dazed and Confused, menyebut G-Dragon, leader Bigbang sebagai Fashion Icon.[13]
4.        Persamaan karakteristik keempat terdapat pada peran pendukung dalam video musik Bang Bang Bang dari Bigbang dengan Devil dari Super Junior yang sama-sama menampilkan wanita dengan pakaian ketat yang berusaha menggoda para pria atau anggota Boyband tersebut di video musik mereka. Sedangkan video musik Call Me Baby dari EXO, Dope dari BTS dan If You Do dari Got7, sama-sama tidak menampilan peran pendukung apapun dan hanya menceritakan hubungan antara pria dan wanita dari kedua Boyband yakni EXO dan Got7 melalui penggambaran akting masing-masing anggota, sehingga yang lebih banyak ditampilkan adalah koreografi dance masing-masing.
Setelah sedikit menganalisis lima produk budaya populer pada kategori video musik di atas dan melihat persamaan dari kelimanya, maka simpulannya adalah bahwa kelima produk tersebut merupakan produk budaya populer tidak hanya karena kuantitas penonton yang lebih banyak dari video musik lainnya, melainkan dari efek yang diberikan oleh video musik tersebut terhadap berbagai aspek salah satunya tren genre musik hip-hop, R&B, up-beat dan dance. Selain itu tren lirik lagu atau cerita video musik yang masih tidak lepas dari hubungan asmara pria dan wanita.

Sumber Referensi:
Storey, John. (2003). Teori Budaya dan Budaya Pop–Memetakan Lanskap Konseptual Cultural Studies. Yogyakarta: Penerbit Qalam
Sugimoto, Yoshio. (2004). An Introduction to Japanese Society, second edition. China: Everbest.
https:/www.youtube.com/watch?v=2ips2mM7Zqw
http://www.kpopchart.net/2015/07/majalah-fashion-inggris-sebut-g-dragon.html#axzz42EcTQgQP


[1]https://www.youtube.com/playlist?list=PLPQjmh_RLBkweNjFykELgSkBNPdi4cFJI
[2]http://tekno.kompas.com/read/2015/11/19/23084827/Mau.Tahu.Hasil.Riset.Google.soal.Penggunaan.Smartphone.di.Indonesia.
[3]http://onehallyu.com/topic/256795-google-lists-the-top-searched-kpop-boy-bands-by-googly-trends-2015/
[4]http://www.kpopchart.net/2015/07/10-mv-k-pop-terpopuler-tahun-2015.html#axzz42EcTQgQP
[5]https://www.youtube.com/watch?v=yWfsla_Uh80
[6]https://www.youtube.com/user/SMTOWN/featured
[7]http://www.kpopchart.net/2015/03/makna-dan-detail-dari-10-lagu-exo-dalam.html#axzz42EcTQgQP
[8]https:/www.youtube.com/watch?v=2ips2mM7Zqw
[9]https://www.youtube.com/watch?v=BVwAVbKYYeM
[10]https://www.youtube.com/watch?v=T0iPB_JyS5g
[11]http://mwave.interest.me/enewsworld/en/article/98344/got7-tops-itunes-charts-in-numerous-countries
[13]http://www.kpopchart.net/2015/07/majalah-fashion-inggris-sebut-g-dragon.html#axzz42EcTQgQP

Comments

Popular posts from this blog

10 Potret Mama Rieta dan Suami, Kakek Nenek Rafathar yang Selalu Mesra

Gemas Nan Memikat! 10 Potret Adu Gaya Amora dan Arsy saat Acara Resmi

9 Potret Stylish Dian Pelangi Momong Bayi, Desainer Top Emang Beda!