Anak Muda Banget, 8 Nasihat Sekaligus Tamparan dari Dokter Tirta

Anak Muda Banget, 8 Nasihat Sekaligus Tamparan dari Dokter Tirta 

dokter yang pilih jadi pengusaja jasa cuci sepatu
 Community Writer
SUMBER ;
https://www.youtube.com/channel/UCamwEBao0i0J1_Nqf3beqgA
Youtube: InCipengWeTrust
Dokter muda alumnus UGM bernama lengkap Tirta Mandira Hudhi memang cukup menarik perhatian publik, selain keputusannya untuk memprioritaskan usaha jasa cuci sepatunya dr. Tirta juga dikenal dengan perjuangan hidupnya yang keras. Dokter Tirta telah memulai usaha sejak kuliah, bahkan saat masih menjadi mahasiswa dokter Tirta sudah rugi ratusan juta rupiah. Akibat kerugian yang diterimanya Tirta harus bertahan hidup sebagai anak kos dengan uang sisa, suatu waktu dia makan hanya dengan satu mie instan yang dibagi untuk dua kali makan sebagai mahasiswa kedokteran pada masa itu hal ini pasti hal yang luar biasa di kalangan teman-temannya. Karena perjalanan hidupnya ituah tidak heran jika nasihat dan pemikiran-pemikiran dokter Tirta mudah didengar oleh kalangan millenial. Berikut delapan nasihat sekaligus tamparan dari dokter Tirta untuk anak muda Indonesia.  

1. Kalau kamu sampai salah jurusan saat kuliah itu salahmu sendiri!

Penting bagi anak muda untuk memasang target sedini mungkin bahkan sejak lulus SMA. Kamu dibebaskan untuk menentukan akan melanjutkan pendidikan ke mana dan memilih jurusan apa, asalkan kamu sudah tahu tujuanmu ke depan ingin jadi apa.

2. Kalau mengurusi diri sendiri saja belum becus, ngapain mengurusi orang lain?

Mulai sekarng, ubahlah pola pikirmu untuk melakukan segala sesuatu untuk dan demi diri sendiri dulu, termasuk dalam bekerja atau berprestasi. 
Love yourself first then love each other

3. Jangan bekerja menurut passion karena enggak semuan hobi itu bisa menghasilkan uang. Tetapi bekerjalah di bidang yang memberimu pemasukan

Passion dan idealisme belum tentu bisa menghidupi.
konsep yang harus diterapkan adalah do what you love and what you do.
Bersyukurlah kamu yang berkerja sesuai passion pun juga menghidupi, karena nggak banyak orang yang beruntung sepertimu. 

4. Anak muda harus jeli melihat peluang, termasuk berani eksekusi. Risiko pasti ada, yang penting berani memulai 

Selama ada pasar dan kebutuhan, layanan jasa sederhana apa pun pasti jadi uang. Soal resiko, pasti akan mengikuti dan harus selalu siap untuk menghadapi, jadi yang penting berani maju dulu. 

5. Habiskan jatah gagalmu di usia muda, agar nantinya kamu bisa punya pengalaman yang kuat di usia tua

Tirta memakai kata gagal sebagi proses untuk belajar, bertumbuh, dan berkembang. Dan gagal itu pasti akan dilalui ketika kamu ingin berhasil. 

6. Penting untuk menerapkan skala prioritas dalam berkarir, mengingat kerjaan apa pun harus dilakukan dengan fokus agar hasilnya memuaskan

Sebagai seorang dokter yang juga berkarir sebagai pengusaha, Tirta mengaku sempat dilema untuk memilih profesi mana yang akan dia jalani. Namun kini, dirinya sudah menetapkan langkah bahwa antara karier yang satu dengan yang lain harus seimbang dan dijalani dengan fokus penuh.

7. Teruslah belajar mumpung masih muda. Ilmu itu nggak cuma ada di bangku kuliah, tapi di mana-mana

Kebanyakan orang akan mengejar gelar semata, asalkan sarjana, maka aman sudah hidupnya. Mereka lupa bahwa banyak sarjana-sarjana lain di luar sana yang siap bersaing, dan tentu saja siap menggeser zona nyamanmu dengan keterampilan yang mereka punya. Di situlah pentingnya belajar. Media belajar itu enggak terbatas kok, apalagi dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Semua bisa dipelajari kalau kamu niat. Siapa pun yang punya kemampuan lebih, dialah yang akan berhasil. 

8. Nggak usah muluk-muluk ngomongin karya, anak mudah harusnya bisa kritis menanggapi isu apa pun yang beredar di dunia maya

Fokus utama yang harus dibenahi oleh anak muda zaman sekarang adalah pola pikir yang kritis dalam menghadapi segala isu yang beredar, nggak mudah terprovokasi, dan menyampaikan berita dengan benar. Karena generasi millenials inilah yang layak menjalankan roda pemerintahan kelak. 
Itulah delapan nasihat dari dokter Tirta untuk anak muda, pas banget bukan?

Comments

Popular posts from this blog

10 Potret Mama Rieta dan Suami, Kakek Nenek Rafathar yang Selalu Mesra

Gemas Nan Memikat! 10 Potret Adu Gaya Amora dan Arsy saat Acara Resmi

9 Potret Stylish Dian Pelangi Momong Bayi, Desainer Top Emang Beda!