DARI BUKU KE FILM

Istri Kedua dan 10 Novel Asma Nadia yang Diangkat Ke Layar Kaca


novelis hebat
Novelis terkenal, Asma Nadia yang merupakan adik kandung sastrawan Helvy Tiana Rosa kembali menunjukan prestasinya di dunia pena, novelnya yang berjudul Istri Kedua diangkat ke layar kaca dengan respon publik yang cukup baik. Sebelum Istri Kedua, beberapa novelnya telah lebih dahulu menghiasi perfileman tanah air. Novel apa saja? Berikut 12 novel karya Asma Nadia yang diangkat ke layar kaca.

1. Istri Kedua

Istri Kedua adalah sinetron SCTV yang diangkat dari novel Asma Nadia dengan judul yang sama. Dibintangi Aryani Fitriana, Radja Nasution, Indah Indriana, Marcel Chandrawinata, dan Tsania Marwa. Berkisah tentang rumah tangga yang harmonis namun pada akhirnya berantakan dengan hadirnya wanita lain di tengah-tengah pernihakan mereka. 

2. Surga Yang Tak Dirindukan

Berkisah tentang cinta Arini dan Pras yang jatuh cinta pada pandangan pertama hingga akhirnya mereka menikah dan merajut rumah tangga yang harmonis. Namun di tengah penihakan yang harmonis, Pras terjebak dalam kisah percintaan dengan wanita lain. Film yang disutradara Kuntz Agus ini diangkat dari novel Asma Nadia yang pertama kali diterbitkan pad tahun 2007.

3. Catatan Hati Seorang Istri

Catatan Hati Seorang Isri dibintangi oleh Sandra Dewi sebagai Hanna dan mendiang Ashraf Sicnlair sebagai Mas Bram. Hana seorang penulis dan pemimpin redaksi sering menerima curhatan wanita-wanita yang diselingkuhi suaminya. Hana merasa beruntung memiliki suami seorang Bram yang lembut, penuh kasih dan setia, namun siapa yang tahu ternyata Bram selingkuh dengan adik sahabatnya yang disamarkan Bram dengan nama Hello Kitty. Sinetron yang pernah tayang di RCTI ini juga diangkat dari novel Asma Nadia dengan judul yang sama, terbit tahun 2011.

4. Jilbab Travelers: Love Sparks in Korea

Jilbab Traveler Love Spark in Korea, novel Asma Nadia yang terbit tahun 2015 ini juga telah difilmkan dengan judul yang sama. Disutradarai Guntur Soehardjanto dan dibintangi Guntur Soehardjanto dan Bunga Citra Lestari sebagai pemeran utama. Film ini tayang tahun 2016 berkisah seorang traveler bernama Rania yang sudah menjalin cinta serius dengan seorang pria di Indonesia, tapi kemudian menemukan cinta baru dengan seorang pria muslim asal Korea. 

5. Cinta Laki-Laki Biasa

Film ini rilis diakhir 2016 dengan pemeran utama Deva Mahenra, Velove Vexia, dan Nino Fernandez. Diangkat dari novel Asma Nadia dengan judul yang sama yang diterbitkan pada Agustus 2016. Berkisah tentang cinta Nania dan Rafli yang ditentang oleh orang tuanya. Nania yang berlatar keuarga berada tidak dikehendaki menjalin cinta dengan Rafli yang biasa-biasa saja. Keluarga Nania menginginkan Nania menjalin cinta dengan Tyo yang berprofesi sebagai Dokter muda yang juga merupakan anak dari teman orang tuanya. 

6. Bunda Kisah Cinta 2 Kodi

Berkisah tentang perjuangan seorang ibu menyelamatkan keluarganya, dengan sebuah keberanian memulai bisnis. Film yang tayang tahun 2018 ini juga diangkat dari novel Asma Nadia dengan judul yang sama yang merupakan novel dengan penjualan terlaris.

7. Assalamualaikum Beijing

Novel ke sekilan Asma Nadia yang diangkat ke layar kaca, bercerita tentang Asmara yang membawa kepedihan hatinya karena perselingkuhan calon suaminya ke Beijing. Di Beijing Asma bertemu seorang pria yang diperanka oleh Morgan Oey. 

8. Pesantren Impian

Novel yang terbit tahun 2014 ini juga telah difilmkan dengan judul yang sama pada tahun 2016, berkisah tentang permasalahan remaja yang berurusan dengan barang haram, seks bebas, pemerkosaan dan tindakan kriminal lainnya. Remaja-remaja bermasalah itu menerima undangan misterius dari sebuah pesantren yang tidak termuat di dalam peta, sebuah pesantren rehabilitasi orang-orang yang bermasalah. 

9. Sakinah Bersamamu

Sakinah Bersamamu adalah sinetron yang tayang di RCTI pada tahun 2015, juga diangkat dari novel Asma Nadia dengan judul yang sama. Berkisah tentang pengantin baru Dinda dan Amar yang telah dua tahun menikah dan belum memiliki anak. Tidak ada masalah percintaan diantara keduanya, namun Dinda mengetahui bahwa Amar punya penyakit jantung yang parah. 

10. Emak Ingin Naik Haji

Emak Ingin Naik Haji adalah film yang tayang tahun 2009 diangkat dari karya novelis fenomenal, Asma Nadia. Berkisah tentang Emak yang sangat bulat hati ingin naik haji namun memiliki keterbatasan finansial. Ekonomi sehari-harinya tertumpu pada hasil jualan kue keliling, dan uang dari Zein, anaknya yang menjua lukisan dengan penghasilan yang tidak seberapa. 

11. Rumah Tanpa Jendela

Merupakan film drama musikal yang menceritakan seorang gadis kecil berusia 8 tahun yang sangat ingin ada jendela di ruamahnya yang mungil berdinding tripleks bekas. Film yang rilis tahun 2011 ini juga diangkat dari cerpen Asma Nadia.
Itulah 11 karya Asma Nadia yang diangkat ke layar kaca, baik menjadi film atau sinetron.

Comments

Popular posts from this blog

10 Potret Mama Rieta dan Suami, Kakek Nenek Rafathar yang Selalu Mesra

Gemas Nan Memikat! 10 Potret Adu Gaya Amora dan Arsy saat Acara Resmi

9 Potret Stylish Dian Pelangi Momong Bayi, Desainer Top Emang Beda!