Mau Kuliah ke Luar Negeri? Ini 5 Negara Tujuan Favorit Anak Indonesia

Mau Kuliah ke Luar Negeri? Ini 5 Negara Tujuan Favorit Anak Indonesia

ada beasiswanya juga, lho
 Community Writer
Bercita-cita kuliah di luar negeri? Kamu harus tahu lima negara tujuan favorit anak Indonesia berikut ini, jika kamu berhasil masuk ke salah satunya mungkin kamu akan mendapat banyak teman anak Indonesia. Dan berikut ini lima negara favorit tujuan anak Indonesia yang harus kamu tahu. 

1. Singapura

Last but not least, yang dekat bukan berarti kurang berkualitas adalah negara Singapura yang menjadi negara tujuan favorit mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah di luar negeri. Di Singapura ada banyak kampus top seperti NTU, NUS, atau SMU yang sering menjadi pilihan mahasiswa-mahasiswa berprestasi Indonesia. 
Singapura memang memiliki keunggulan kualitas pendidikan yang ditopang dengan ekonominya yang mendukung sehingga memudahkan para lulusan untuk mendapat pekerjaan atau menjadi enterpreneur. Ada dua alternatif beasiswa yang bisa kamu coba seperti Tuition grant Ministry of Education untuk S1 dan SINGA untuk S3. 

2. Jepang

Sebagai negara yang paling maju di Asia, Jepang selalu masuk dalam wish list negara tujuan untuk kuliah, Jepang bahkan selalu menjadi pilihan favorit. Jepang tentu saja sudah memiliki kualitas pendidikan yang mumpuni apalagi bidang sains dan teknologi, bidang lain juga tentu saja sama berkualitasnya misalnya bidang sosial atau desain. 
Selain kualitas pendidikan yang bagus Jepang juga menjadi negara yang menyenangkan karena memiliki kultur yang unik, mahasiswa Indonesia yang kuliah di Jepang akan mendapati kultur yang khas jika dibandingkan dengan negara Eropa atau Amerika. 
Jika terhambat oleh masalah finansial kamu harus mencoba beasiswa MEXT untuk S1, S2 dan S3, atau Mitsui Bussan untuk S1 dan Ajinomoto untuk S2 serta INPEX untuk S2. 

3. UK atau Inggris Raya

Negara yang satu ini tidak pernah absen dari daftar negara impian anak Indonesia, di UK memang terdapat banyak universitas top dunia seperti Oxford, atau Cambridge yang selalu menjadi primadona cendekiawan dunia. Sistem pendidikan di UK sendiri memang memiliki keunikan tersendiri diantarana S1 yang bisa ditempuh hanya dalam tiga tahun, sedangkan untuk S2 bisa lebih singkat lagi yaitu hanya satu tahun saja. Jangan terlalu khawatir soal biaya, kamu bisa kuliah di UK dengan daftar beasiswa Chevening untuk S2, Jardine untuk S1, S2 dan S3, atau bisa juga beasiswa dari negeri sendiri yang paling populer yaitu beasiswa LPDP untuk S2 dan S3. 

4. Amerika Serikat

Ingat Amerika Serikat pasti ingat Harvard, yang merupakan salah satu universitas terbaik di dunia. Tidak bisa masuk Harvard? Tenang saja kamu juga bisa mendafatarkan diri ke universitas lain yang tidak kalah hebatnya seperti MIT atau Stanford. Selain universitas top dunia, USA juga menawarkan lingkungan kuliah dan lingkungan kerja yang sangat dinamis.
Namun ada kesulitan tersendiri jika ingin kuliah di Amerika Serikat karena mungkin kamu terhambat oleh tes tambahan SAT, GRE, atau GMAT yang hampir diwajibkan oleh semua kampus di Amerika Serikat. Selain itu kuliah di Amerika Serikat juga terkenal biaya pendidikan dan biaya hidup yang mahal, namun tenang saja karena ada beasiswa Fulbright untuk S2 dan S3 atau mencoba beasiswa LPDP. 

5. Australia

Kamu mungkin sering mendapati dosen lulusan Australia, seperti Monash University atau Adelaide. Australia bisa jadi alternatif bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri dengan kualitas pendidikan yang baik namun tidak terlalu jauh dari Indonesia. Hanya sekitar lima jam penerbangan kamu sudah bisa kuliah di kampus top dunia seperti Melbourne, Sydney, atau Queensland yang menempati top rank dunia. Untuk kuliah di Australia kamu bisa mencoba beasiswa Australia Award Scholarship untuk S2 dan S3. 
Itu dia lima negara tujuan yang jadi rebutan anak Indonesia, sudah ada rencana mau kuliah dimana? 

Comments

Popular posts from this blog

10 Potret Mama Rieta dan Suami, Kakek Nenek Rafathar yang Selalu Mesra

Gemas Nan Memikat! 10 Potret Adu Gaya Amora dan Arsy saat Acara Resmi

9 Potret Stylish Dian Pelangi Momong Bayi, Desainer Top Emang Beda!